Home Berita Workshop Penyusunan Capaian Pembelajaran (CP) dan Rancangan Pembelajaran Semester (RPS)

Workshop Penyusunan Capaian Pembelajaran (CP) dan Rancangan Pembelajaran Semester (RPS)

50
0
SHARE

Institut Agama Islam Tribakti Lirboyo Kediri menggelar Workshop Penyusunan Capaian Pembelajaran (CP) dan Rancangan Pembelajaran Semester (RPS) Berbasis KKNI pada Minggu 07/01/2018 bertempat di Aula Tribakti diikuti sebanyak 34 dosen tetap Program Studi.

Narasumber yang dihadirkan Dr. Abdul Muhid, M.Si selaku Tim Pengembang Akademik Kopertais IV Surabaya. Melalui acara workshop ini diharapkan IAI-Tribakti bisa mengetahui pentingnya menguatkan Capaian Pembelajaran (CP) dan Rencana Pembelajaran Semester (RPS) di program studi, sehingga dapat menghasilkan lulusan yang baik dalam segi kemampuan dan juga sikap”.

Saat ini IAI-Tribakti sedang merancang kurikulum berdasarkan KKNI. Rancangan kurikulum ini merujuk pada capain pembelajaran yang sesuai dengan Standar Nasional Perguruan Tinggi. “Dulu, kurikulum Perguruan Tinggi didasarkan pada GBPP dan SAP, sekarang kurikulum Perguruan Tinggi didasarkan pada RPS”, ujar KH. Reza Ahmad Zahid, Lc., MA selaku wakil Rektor I. Melalui workshop ini diharapkan seluruh dosen IAI-Tribakti mempunyai satu pemahaman yang sama tentang Capaian Pembelajaran dan RPS sehingga bisa menyusun KKNI untuk IAI-Tribakti”, lanjutnya.

Penyusunan Capaian Pembelajaran (CP) dan Rencana Pembelajaran Semester (RPS) tidak hanya sekedar penyusunan lalu selesai, nantinya akan ada Evaluasi, yaitu tindak lanjut untuk memastikan bahwa RPS terlaksana dengan baik. Harapannya semoga peserta yang hadir bisa memahami dengan baik materi dan bisa membantu penyusunan RPS di program studi masing-masing.

Seperti yang diketahui, Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi RI mengeluarkan peraturan baru tentang kurikulum, yaitu Peraturan Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi RI nomor 44 tahun 2015 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi. Standar Nasional ini bertujuan untuk menjamin agar proses pembelajaran pada program studi mencapai mutu sesuai dengan kriteria yang ditetapkan, yaitu dengan Penerapan Kurikulum KKNI (Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia) sebagai kurikulum di Perguruan Tinggi yang berbasis pada capaian pembelajaran.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here