Home Berita Re-Branding dan Penguatan Kelembagaan PTNU Jawa Timur

Re-Branding dan Penguatan Kelembagaan PTNU Jawa Timur

52
0
SHARE

Lembaga Pendidikan Tinggi Nahdlatul Ulama (LPTNU) Jawa Timur mengadakan Seminar, workshop & Rakerwil LPTNU Jawa Timur di Green Hill Resort dan jalan Rambatan no. 99 Jember Jawa Timur pada hari Jum’at s.d Ahad, tanggal 19-21 Januari 2018.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh pimpinan perguruan tinggi dan sekitar 250 peserta yang mewakili 120 pergururuan tinggi, baik Perguruan Tinggi Negeri (PTN) maupun Perguruan Tinggi Swasta (PTS). Sedangkan pimpinan dari IAI-Tribakti kediri diwakili oleh Dekan Fakultas Syari’ah Ahmad Badi, M.Pd.I

Hadir juga pimpinan dan dosen dari STIT Jembrana dan STAI Denpasar Bali. Kegiatan ini merupakan salah satu Program LPTNU Jawa Timur dengan tema “Pengembangan Kapasitas Kelembagaan Jawa Timur” yang bertujuan untuk mempersiapkan perguruan tinggi di lingkungan Nahdlatul Ulama (NU) agar mampu berdaya saing dan kompetitif dengan perguruan tinggi lainnya. Ada beberapa agenda dalam kegiatan tersebut, yaitu Seminar, Workshop dan Rakerwil LPTNU Jawa Timur.

Dalam pembukaan acara, setelah menyanyikan lagu Indonesia Raya, dilanjutkan Mars Syubhanul Wathan karya KH. Wahab Chasbullah. Ada beberapa sambutan, yaitu dari panitia sekaligus Ketua LPTNU Jawa Timur, Prof. Dr. H. Babun Suharto, SE.,MM. Dilanjutkan sambutan dari Pengurus Pusat LPTNU dan Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur. Prof. Babun menyatakan bahwa kegiatan ini untuk menjalin komunikasi dan kemitran antar PTNU di Jawa Timur dan Bali, selain itu harapan besar agar seluruh program studi di lingkungan PTNU terakreditasi minimal B. Apresiasi yang bagus juga disampaikan pengurus pusat LPTNU dengan kegiatan tersebut. kegiatan seperti ini bisa ditiru oleh LPTNU wilayah lain agar komunikasi, jaringan antar PTNU semakin baik dan kuat.

Acara dibuka oleh Pengurus Wilayah Nadlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur yang diwakili oleh. Dr. KH. Fahrurrozie, SE.,M.Si. yang menyatakan pentingnya acara ini untuk menjalin silaturrahim dan memperkuat kelembagaan dan sumber daya manusia perguruan tinggi di lingkungan LPTNU jawa Timur.
Acara seminar mengangkat tema Re-Branding Perguruan Tinggi dengan pembicara 9 rektor atau pimpinan perguruan tinggi negeri, seperti UINSA, UNAIR, UNESA, ITS, UTM, UNEJ, UNUSA, IAIN Jember, dan IAIN Ponorogo.

Para pemateri memaparkan strategi pengembangan perguruan tinggi agar bisa kompetitif dan berdaya saing, baik secara kualitas maupun kuantitas. Adapun kegiatan workshop mengetengahkan penguatan akademik dalam menyikapi Sistem Akreditasi Perguruan Tinggi Online (SAPTO) dan simulasi borang akreditasi peguruan tinggi (AIPT), fakultas dan program studi.

Fasilitator Kegiatan workshop ini adalah para Asesor dilingkungan LPTNU Jawa Timur. Sedangkan Rapat Kerja Wilayah LPTNU Jawa Timur, yang masa khidmah sampai bulan Oktober, membagi dua (2) bidang, yaitu Bidang Kelembagaan dan Bidang Sumber Daya Manusia (SDM). Ada beberapa program yang disepakati forum, seperti pelatihan AMI (Audit Mutu Internal), advokasi perguruan tinggi di lingkungan LPTNU Jawa Timur dan lain sebagainya, serta beberapa rekomendasi seperti membentuk Asosiasi Asesor LPTNU Jawa Timur, dan lain sebagainya. (ab)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here