Home Berita Peningkatan Kapasitas Dosen Bidang Penelitian berbasis Riset FKDP Menyelenggarakan Workshop

Peningkatan Kapasitas Dosen Bidang Penelitian berbasis Riset FKDP Menyelenggarakan Workshop

55
0
SHARE

Forum Komunikasi Dosen Peneliti (FKDP) Kopertais Wilayah IV bekerjasama dengan Universitas Yudharta Pasuruan menyelenggarakan “Pelatihan Pengabdian Masyarakat Berbasis Riset (Metodologi PAR, ABCD, CBR, dan Service Learning)” selama dua hari, 29-30 Januari 2018 di Hotel Permata Biru Prigen Pasuruan. Sebanyak 115 Dosen dari 44 Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKIS) ikut ambil bagian dalam kegiatan ini termasuk IAI-Tribakti Kediri 4 delegasi yaitu Badrus, M Arif Khoiruddin, Edi Nurhidin dan Uswatun Hasanah.

Turut hadir dalam kegiatan Dr. H. Saifulah, MHI selaku Rektor UYP, Muhammad Nuril Huda, M.Pd Sekretaris Kopertais Wilayah IV, Dr. Abdul Muhid, M.Pd selaku Narasumber, dan Dr. Muchsinin Ketua FKDP. Pelatihan dibuka oleh Muhammad Nuril Huda, M.Pd Sekretaris Kopertais Wilayah IV. Menurut Nuril, Pelatihan digelar untuk meningkatkan kapasitas kemampuan Dosen dalam melaksanakan pengabdian kepada masyarakat. Perguruan Tinggi Keagamaan Islam harus mampu bersinergi dengan masyarakat sebagaimana amanah Tri Dharma perguruan tinggi. “Perguruan Tinggi sebagai bagian dari sistem sosial, perlu bersinergi dengan masyarakat” ungkapnya.

Ia membeberkan lima target prioritas Road Map Kopertais Wilayah IV 2014-2018. Diantaranya, penguatan Lembaga Penjaminan Mutu pada tahun 2014, penguatan sistem pangkalan data pada tahun 2015, penguatan kurikulum KKNI pada tahun 2016, penguatan penelitian dan pengabdian pada masyarakat pada tahun 2017, dan penguatan Tri Dharma Program Studi,” ujarnya.

Oleh karena itu melalui pelatihan ini, Kopertais Wilalayah IV berharap dapat mendorong kepada seluruh Dosen PTKIS agar terus meningkatkan kualitas pengabdian, sehingga dapat mewujudkan sinergitas antara Perguruan Tinggi dengan masyarakat. Pengabdian yang dilakukan harus dilandasi oleh latar belakang persoalan yang terjadi di masyarakat dan menawarkan solusi yang berkelanjutan. “Pengabdian yang ditawarkan juga harus sesuai dengan kebutuhan lokal dan melibatkan masyarakat dalam mewujudkan solusinya, sehingga hasilnya dapat maksimal,” ungkapnya.

Sementara itu Dr. Mucsinin, M.Pd selaku Ketua FKDP menambahkan, setiap perguruan tinggi diharapkan dapat mempublikasikan karya tulis pengabdian dalam jurnal ilmiah pengabdian nasional maupun internasional. Lebih dari itu, perguruan tinggi dapat menunjukkan produk-produk unggulan hasil dampingan bersama masyarakat sebagi wujud hasil karya nyata.

Sumber: FKDP

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here