Home Berita Gathering Dosen Fakultas Ekonomi dan Pembentukan Pengurus Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI)...

Gathering Dosen Fakultas Ekonomi dan Pembentukan Pengurus Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) Komisariat Mataraman

96
0
SHARE

Universitas Kediri (UNISKA) kerjasama dengan Bank Indonesia menggelar acara Gathering Dosen Fakultas Ekonomi dan Pembentukan Pengurus Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) Komisariat Mataraman sekaligus seminar bertajuk “ Perkembangan Ekonomi 2017 & Prospek 2018”, pada hari Kamis, 18 Januari 2018 bertempat di Aula Kantor Bank Indonesia Perwakilan Kediri diikuti oleh Para Dekan, Kajur/ Kaprodi dan Dosen Fakultas Ekonomi – Perbankan Syariah delegasi dari berbagai Perguruan Tinggi se-Mataraman.

Dari Institut Agama Islam Tribakti (IAIT) sendiri mengirimkan lima orang delegasi mewakili Prodi Perbankan Syariah. Acara dibuka langsung oleh Dekan Fakultas Ekonomi UNISKA, Ustadus Sholihin. Sedangkan narasumber pertama yang dihadirkan yaitu Djoko Raharto, kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Kediri. Dalam sambutannya disebutkan bahwa Pertumbuhan ekonomi pada akhir Tahun 2017 tercatat 5,06%, lebih baik dibandingkan dengan periode tahun sebelumnya sebesar 5,01% . Pada tahun 2018, Bank Indonesia memproyeksikan pertumbuhan ekonomi sebesar 5,1 – 5,5 % dengan permintaan domestik sebagai motor utamanya‎. Di samping itu, lanjutnya, Indonesia masuk dalam status investment grade atau singkatnya disebut sebagai negara “layak investasi”.

Predikat ini mempermudah Indonesia dalam menjaring investasi, terutama dari investor asing. Hal ini disebabkan pemerintah terus mendorong kebijakan pembangunan infrastruktur. Diakui pengaruh pembangunan infrastruktur terhadap pertumbuhan ekonomi tidak seketika terasa, akan tetapi anak cucu kita akan merasakan manfaatnya, diantaranya untuk menekan biaya-biaya ekonomi. Di akhir sambutannya, diselipkan amanah bahwa para akademisi khususnya Anggota ISEI harus optimis dan diharapkan kerjasama untuk mendukung serta memikirkan pertumbuhan ekonomi khususnya di wilayah masing-masing.

Narasumber kedua dihadirkan yaitu Eko Purwanto, Ketua ISEI Cabang Surabaya. Dalam sambutannya disebutkan bahwa Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) dibentuk sebagai organisasi profesi yang hidup ditengah-tengah masyarakat dan dilaksanakan secara aktif oleh para anggotanya selaku pemikir, perancang dan pelaksana pembangunan, baik di swasta maupun pemerintahan. Dengan demikian diharapkan Sarjana-sarjana Ekonomi tidak hanya bertindak sebagai pengamat ataupun pemikir yang pasif mengenai permasalahan ekonomi, tetapi juga turut berperan aktif dalam proses pembangunan Bangsa dan Negara.

Acara ini juga didukung oleh beberapa UKM binaan Bank Indonesia diantaranya tenun ikat bandar, bolu mak plengeh, kopi irenggolo, jamur krispi dan lain sebagainya. Di akhir acara, panitia mempersilahkan para Kaprodi dan dekan fakultas ekonomi atau yang mewakilinya dari setiap Perguruan tinggi untuk musyawarah pembentukan kepengurusan ISEI Komisariat Matraman.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here