Home Artikel Doakan Pemimpinmu!

Doakan Pemimpinmu!

80
0
SHARE

Rektor IAIT, KH Abdulloh Kafabihi Mahrus dihadapan para calon wisudawan-wisudawati dalam acara yudisium mengutip dawuh Fudhail bin Iyadh bahwa andaikan beliau diberikan satu doa yang dikabulkan maka beliau akan mendoakan pemimpin, karena kebaikan pemimpin akan dirasakan rakyat banyak dan kehidupan agama pun akan menjadi baik pula.

Selain itu Mbah Kyai Kafabihi juga mengutip dawuh Al Ghozali bahwa kerusakan rakyat itu dikarenakan rusaknya pemimpinnya dan rusaknya pemimpin dikarenakan rusaknya Ulama. Dawuh beliau ini membuka mata kita ternyata dunia sufi tak terpisahkan dengan dunia yang mengitarinya. Beliau yang dikenal mumpuni ilmu tasawufnya mengutip dawuh dua maestro sufi yang ternyata sangat peduli kehidupan negara. Dawuh itu juga menegaskan bahwa sebaiknya Ulama mendoakan pemimpin bukan mencacinya, mendoakan kebaikannya bukan memfitnahnya. Karena kebaikan pemimpin sangat luas pengaruhnya kepada rakyat.

Makanya tidak mengherankan jika dalam rentang sejarahnya Ulama NU selalu mendoakan kebaikan bagi pemimpin bangsa ini bahkan meski NU dizalimi sekalipun. Bahkan KH Mahrus Aly menegaskan bahwa haram hukumnya mendirikan negara dalam negara, padahal beliau hidup dizaman ORBA yg sangat medzalimi NU namun ternyata tetap mendoakan kebaikan. Ini menjadi Inspirasi bagi kita sekarang untuk selalu mendoakan pemimpin kita bukan mencacinya apalagi memfitnahnya.

#IAIT
#Lirboyo
#Yudisium

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here