Home Berita Penguatan SDM Lembaga Penjaminan Mutu IAIT Kediri

Penguatan SDM Lembaga Penjaminan Mutu IAIT Kediri

138
0
SHARE

Dua Kepala Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (Kaprodi S1 dan S2 PGMI) Khoirul Mustamir, M. Pd dan Dr. Marita Lailia Rahman, M.Pd.I melakukan penguatan kapasitas tentang Audit Mutu Internal (AMI) yang diselenggarakan oleh Konsorsium LPM Kopertais IV Surabaya. Penguatan ini menjadi bagian untuk meningkatkan budaya mutu Institut Agama Islam Tribakti (IAIT) Kediri. Acara tersebut dilaksanakan di Hotel Halogen Sidoarjo mulai 29 sampai 31 Juli 2022.

Acara ini dibuka oleh Koordinator Kopertais IV Surabaya IV Prof. Akh. Muzakki, M.Ag, Grad.Dip.SEA.,Ph.D yang sekaligus sebagai Rektor UIN Sunan Ampel Surabaya. Dalam sambutannya, mutu menjadi tolok ukur untuk menguatkan kepercayaan publik terhadap perguruan tinggi. Kepercayaan ini muncul karena adanya kepastian akan ukuran dan labelisasi. Label penting untuk Quality Assurance. Kampus bukan hanya sebagai lembaga akademik semata, beliau menyampaikan, “University as a Academic Industry”, untuk mewujudkan industri akademik yang berkualitas, semuanya harus berjalan dengan baik mulai dari proses mendaftar sampai keluar. Menciptakan mutu yang baik, berawal dari diri sendiri. Mutiara bijak mengatakan “Orang yang tidak selesai dengan dirinya sendiri, tidak akan bisa memberi.”

Alasan penting penguatan auditor mutu karena ada gelombang cara pandang publik terhadap Perguruan Tinggi. Perguruan tinggi tidak lagi semata-mata dipandang sebagai penyelengaraan akademik, akan tetapi menjadi industri akademik. Sebagai industri maka prasyarat mutu harus terjaga mulai dari tata kelola, SDM sebagai ekosistem perusahaan modern.

Dalam kegiatan ini diikuti oleh 48 orang perwakilan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKIS) di Jawa Timur. Semua mengirimkan SPMI untuk dirancang menjadi Instrument AMI. Selama kegiatan didampingi oleh Koordinator Ahli AMI Kopertais IV dan Ketua Konsorsium LPM Kopertais IV.

Sebagai percontohan (best practice) pelaksanaan AMI adalah kinerja AMI pada LPM UIN Sunan Ampel Surabaya. Pendamping materi adalah Dr. Ali Mustofa, M.Pd dan Dr. Asep Saepul Hamdani, M.Pd. Beliau menjelaskan SPMI dan siklusnya juga konsep AMI dalam Perguruan Tinggi. Seluruh peserta workshop sangat antusias dan semangat dengan sesi penyampaian materi maupun diskusi antar peserta workshop.

Dengan acara penguatan kapasitas Auditor internal ini menjadikan IAIT mempunyai 6 auditor mutu yang tersertifikasi. Keenam Auditor ini secara bersamaan menjadi gugus mutu di tingkat fakultas. Harapannya, penguatan mutu berbasis unit kerja akan melembaga secara mekanik di seluruh Institut Agama Islam Tribakti (IAIT) Lirboyo Kediri.