Home Berita IAI Tribakti Kediri Turut serta dalam Rakorwil LPTNU Jawa Timur

IAI Tribakti Kediri Turut serta dalam Rakorwil LPTNU Jawa Timur

135
0
SHARE
Rakorwil LPTNU Jawa Timur

Acara rakorwil LPTNU dilaksankan pada hari Minggu, 12 Desember 2021 bertempat di Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya. Acara tersebut dihadiri 50 perguruan tinggi NU se Jawa Timur dengan pembahasan utama mengenai MBKM dan Akreditasi. “MBKM menjadi program baru yang dicetuskan eranya mas menteri, sedangkan akreditasi menjadi persoalan lama dengan format baru.

MBKM mengedepankan kesiapan mahasiswa dalam menghadapi perubahan, peningkatan profesionalisme dalam dunia kerja. MBKM menawarkan 8 program kegiatan yang dapat diikuti oleh mahasiswa pada semester 5-7. Implementasi MBKM tidak hanya sekedar penataan kurikulum tetap sampai pada fase perombakan kurikulum. Mahasiswa dapat belajar dalam prodi, lintas prodi dalam satu perguruan tinggi, antar perguruan tinggi, dan diluar perguruan tinggi, artinya dapat menerapkan 4 skema. Penerapan mbkm berdampak pada sistem siakad, dan pelaporan ke forlapdikti. Akhirnya transkip akademik mahasiswa antara mahasiswa dalam satu program studi tidak akan sama.

Sedangkan persoalan sebelum akreditasi yang kita kenal dengan 7 standar menjadi format baru dengan 9 kriteria. Standar penelitian pun berbeda, jika dulu menggunakan penilaian akreditasi C, B, dan A. Sekarang menjadi baik, sangat baik, dan unggul. Nilai C tidak sama dengan nilai baik. Baik lebih berat ditempuh jika dibandingkan dengan nilai C. Demikian juga seterusnya hingga A tidak sama dengan unggul.

Hasil Rakorwil membuat MOU antar PTNU di Jawa Timur. Ada 30 perguruan tinggi yang turut serta dalam penandatanganan MOU. MOU tersebut difokuskan pada program MBKM untuk mahasiswa yang akan ditindaklanjuti dengan kegiatan pertukaran mahasiswa.

Rapat Koordinasi Wilayah LPTNU