Home Berita Tribakti Perguruan Tinggi Pengelola Jurnal Terbaik 2 Dalam Kopertais IV Surabaya

Tribakti Perguruan Tinggi Pengelola Jurnal Terbaik 2 Dalam Kopertais IV Surabaya

165
0
SHARE

Penataan jurnal di Institut Agama Islam Tribakti Kediri dimulai sejak akhir 2016. Awalnya Tribakti hanya memiliki dua untuk S1 dan S2, yaitu: jurnal Tribakti: Jurnal Pemikiran Keislaman, dan Intelektual: Jurnal Pendidikan dan Studi Keislaman tahun. Pada tahun sama pembenahan jurnal dimulai dengan membuat Journal An-Nafs: Kajian Penelitian Psikologi. Pada tahun berikutnya menyusul jurnal: Indonesian Journal of Islamic Education Studies (IJIES), Legitima: Jurnal Hukum Keluarga Islam, Jurnal Kopis: Kajian Penelitian dan Pemikiran Komunikasi Penyiaran Islam, Jurnal At-Tamwil: Kajian Ekonomi Syariah, eL Bidayah: Journal of Islamic Elementary Education, Indonesian Journal of Humanities and Social Sciences, dan Journal Ashil: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini.

Dari 10 jurnal yang ada 3 jurnal sudah masuk akreditasi; satu jurnal Sinta 2 dan dua jurnal Sinta 3. Pencapaian akreditasi pada tiga jurnal tidak didapat dengan mudah. Ketiganya memulai terakreditasi pada sinta 4. Pengelola melakukan peningkatan kualitas dan pengelolaan dengan mengikuti berbagai kegiatan pengelolaan jurnal onlne, bekerjasama dengan RJI, DOI, dan lembaga laiannya.

Pimpinan redaktur jurnal melakukan kegiatan pelatihan dan penikatan kapasitas jurnal dengan ikut serta pengajukan hibah pengelolaan jurnal dari Kementerian Agama RI pada tahun anggaran 2020. Usaha tersebut membuahkan hasil dengan dua jurnal lolos untuk pembinaan kapasitas jurnal dan pengelolaan, yaitu: jurnal Tribakti: Jurnal Pemikiran Keislaman dan Journal An-Nafs: Kajian Penelitian Psikologi. Pada tahun yang sama ada 6 pengelola jurnal yang ikut kursus pengelolaan jurnal yang diselenggaranan oleh Kementerian Agama RI.

Peningkatan kapasitas dan pengelolaan jurnal, terus ditingkatkan dengan konsensi dalam publikasi tepat pada waktu yang telah ditetapkan. Pada jurnal yang sudah terakreditasi minat para penulis sangat banyak, bahkan melebihi kapasitas. Puncak pencapaian prestasi pengelolaan rumah jurnal tribakti yakni dengan mendapatkan apresiasi dari koorditor kopertais IV wilayah Surabaya sebagai Perguruan Tinggi Pengelola Jurnal terbaik 2. Pencapaian ini menjadi prestasi pertama yang didapat oleh IAI-Tribakti Kediri selama ada kegiatan Kopertais Award. Capaian ini menjadi motivasi tersediri bagi kampus untuk melakukan pembenahan pada aspek yang lainnya. Misalnya tata kelola Sumberdaya Manusia, Pelaporan Mahasiswa di Forlap PDDIKTI, Penelitian, dan Kegiatan Kemahasiswaan.