Home Berita P3M IAI Tribakti Kediri Gelar Pembekalan KKN Berbasis Riset Tahun 2021

P3M IAI Tribakti Kediri Gelar Pembekalan KKN Berbasis Riset Tahun 2021

408
0
SHARE
Foto Kegiatan Pembekalan KKN DR

 

Institut Agama ISlam Tribakti (IAIT) Kediri selenggarakan pembekalan untuk mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Dari Rumah (KKN-DR) Tahun 2021. Pembekalan KKN DR IAI Tribakti Kediri digelar melalui virtual zoom yang terpusat control room langsung dari Aula Mahrus Ali IAI Tribakti pada Minggu, 11 Juli 2021.  Kegiatan pembekalan KKN Berbasis Riset Tahun 2021 dihadiri oleh Rektor IAIT Kediri KH. Abdullah Kafabihi Mahrus, Wakil Rektor I IAIT Kediri Dr. KH. Reza Ahmad Zahid, Lc., MA, Wakil Rertor II IAIT Kediri Dr. A. Jauhar Fuad, M.Pd, Wakil Rektor III IAIT Kediri Yasin Nur Falah, M.Pd.I., jajaran pimpinan IAIT Kediri dan 400 lebih mahasiswa yang ikut serta via daring.

Rektor IAIT Kediri, KH. Abdullah Kafabihi Mahrus  dalam sambutannya menuturkan bahwa KKN yang dilaksanakan Mahasiswa IAIT Kediri  berbeda dengan kampus yang lain,  Ketika mahasiswa  terjun ke masyarakat harus berpedoman ciri khas pesantren, Khidmah di masyarakat, menghidupkan masjid, madrasah, dan sebagainya.

 Senada dengan Rektor IAIT Kediri, Wakil Rektor I Bidang Akademik IAIT Kediri Dr. KH. Reza Ahmad Zahid Lc., MA meminta mahasiswa Ketika KKN untuk memanfaatkan kesempatan berkhidmah dan memanfaatkan ilmu yang didapat dari perkuliahan diaplikasikan untuk masyarakat sekitar.

Pembekalan KKN diisi dengan materi metode pelaksanaan KKN yang dipaparkan oleh Dr. A. Jauhar Fuad, M.Pd, dalam penjelasannya KKN DR yang mana menggunakan metode Participatory Action Research (PAR) dengan dua lokus kegiatan yaitu lokus masyarakat dan lokus pesantren. “lLokus masyarakat diperuntukkan pada mahasiswa yang berdomisili di rumah, mereka dapat berinteraksi dengan masyarakat secara lebih luas dalam melakukan kegiatan pengabdian masyarakat, sedangkan lokus pesantren diperuntukkan kepada mahasiswa yang berdomisili di dalam pondok pesantren dengan keterbatasan ruang dan waktu, mereka hanya dapat berinteraksi dengan sesama santri baik selevel, kakak tingkat, maupun adek tingkat”, paparnya.

Sementara itu, Kepala P3M IAIT Kediri Zaenal Arifin, M.Pd.I menyampaikan materi terkait Penulisan Laporan dan Pemaparan Program Kerja. “KKN merupakan bagian dari pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang meliputi Pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat, meskipun dalam situasi pandemic covid 19, mahasiswa diharapkan tetap memberikan kontribusi kepada masyarakat melalui program Pendidikan, keagamaan, lingkungan, ekonomi, dan kesehatan” ujarnya.

Kepala P3M IAIT Kediri  Zaenal Arifin menambahkan bahwa dalam  KKN DR dengan situasi pandemic, mahasiswa diminta untuk membantu program pemerintah dalam upaya pencegahan penyebaran Covid 19.