Home P3M Klinik Dan Bedah Jurnal Terakreditasi Nasional

Klinik Dan Bedah Jurnal Terakreditasi Nasional

265
0
SHARE

Pusat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (P3M) Institut Agama islam Tribakti Kediri bekerja sama dengan Ditjen Pendidikan Islam Kementerian Agama Republik Indonesia menyelenggaran penguatan kapasitas pengelolaan jurnal Penelitain dan Pengabdian di lingkup Institut Agama Islam Tribakti (IAIT) Lirboyo Kediri. Kegiatan ini dilaksanakan pada 26-27 Desember 2020 di Gedung Auala Mahrus Aly IAIT Lirboyo Kediri.

Kegiatan ini sebagai bagian penting untuk meningkatkan mutu jurnal-jurnal di IAIT Kediri. Pasalnya, hanya 1 jurnal terakreditasi sinta 2 dan 2 jurnal terakreditasi sinta 3. Padahal, secara keseluruan P3M telah mengelola sebanyak 8 jurnal penelitian dan 1 jurnal pengabdian. Jurnal-jurnal yang sudah terakreditasi adalah, Journal An-Nafs: Kajian Penelitian Psikologi terakreditasi Sinta 2, Jurnal Tribakti: Jurnal Pemikiran Keislaman Sinta 3 dan dan jurnal IJIES: Indonesian Journal of Islamic Education Studies terakreditasi Sinta 3. Sedangkan yang lain masih belum terakreditasi.

Kegiatan ini pun dikelola dengan serius. Hal ini terlihat dari penentuan narasumber dan seleksi para peserta pelatihan. Sebagai narasumber utama adalah Yulingga Nanda Hanief (Koordinator Wilayah Relawan Jurnal Indonesia Jawa Timur), Arief Khoiruddin, Editor In Cheaf Jurnal An-Nafs, dan Zaenal Arifin Editor In Cheaf Jurnal Tribakti. Sedangkan peserta berjumlah 35 orang dari kalngan dosen-dosen lingkup IAIT Kediri.

Kegiatan ini dilaksanakan dua hari. Hari pertama pengenalan jurnal, diawali dengan manajemen pengelolan jurnal OJS 3, etika publikasi dan bedah templet masing-masing jurnal. Sedangkan hari ke dua, praktik pengelolaan jurnal dan menjalankan fungsi-fungsi fitur dalam jurnal. Dengan rangkaian kegiatan tersebut, semua peserta mampu dalam pengelolaan jurnal dan mampu membawa jurnal-jurnal di lingkup Tribakti terakreditasi. Selain itu, menumbuhkan mutu atau kualitas karya-karya tulis ilmiah di lingkup IAIT Kediri seperti yang disampaikan Dr. A. Jauhar Fuad, M.Pd, (Wakil Rektor II).