Home Psikologi Islam Workshop AJT Cognitif Test

Workshop AJT Cognitif Test

57
0
SHARE

Workshop AJT Sesi 1 dan 2 yang diselenggarakan atas kerjasama APPI Sulawesi dan Dharma Bermakna Foundation. Bertajuk mengenal dan mengoptimalkan kemampuan anak dengan AJT Cognitive Test (AJT CogTest). Merupakan kegiatan pengenalan alat tes intelegensi/ IQ yang paling mutakhir saat ini. Riset melibatkan 25 kota + 11 kabupaten, 5.100/ 4.839 siswa, 1.369 sekolah, dan 250+ psikolog. Disusun oleh tim dari fakultas psikologi UGM tahun 2013-1018 dengan supervisi langsung dari Dr. Kevin McGrew, pencetus teori Cattell-Horn-Carroll (CHC).

IAI Tribakti Kediri terpanggil untuk turut berpartisipasi dalam kegiatan tersebut, dengan memberikan tugas kepada salah satu psikolog pendidikan, yaitu Beti Malia Rahma Hidayati, M.Psi., Psikolog sebagai peserta. Bentuk bahwa IAI Tribakti Kediri selalu update perkembangan keilmuan terikini. Kegiatan tersebut dilaksanakan via daring, yaitu melalui plavon zoom.

Pada sesi 1, dengan peserta khusus sarjana psikologi dan psikolog, membahas tentang: 1) konsep optimalisasi performa belajar anak, 2) keterkaitan teori CHC dengan AJT CogTest, 3) pengenalan AJT CogTest. Pada sesi 2, dengan peserta khusus psikolog, membahas tentang: 1) struktur kognitif dari teori CHC, 2) bedah item AJT CogTest, 3) langkah-langkah interpretasi AJT CogTest, 4. Analisis kasus.

Pemateri workshop adalah Diana Liem M. Psi., Psikolog. Lulusan S1 dan profesi psikologi Universitas Tarumanegara. Selain itu juga ada Adiyo Roebianto, G. CertEd, M. Si. Lulusan S1 psikologi UIN Jakarta, S2 psikometri UIN Jakarta, dan postgraduate study in educational measurement di University of Adelaide.

Kevin McGrew mengatakan pengetahuan psikometri merupakan pondasi. CHC Theory sebagai Psychometric Model of Human Cognitive Ability Theory. Belajar pada awalnya merupakan proses yang memerlukan usaha, tetapi pada akhirnya akan menjadi autopilot. Jadi, jangan tunda untuk mempelajari ilmu psikometri.

Pada akhir sesi, dikupas tuntas tentang AJT cogtes, mulai dari contoh soal, interpretasi, rekomendasi hingga intervensi. Dibahas melalui studi kasus dengan peserta dibagi menjadi 6 kelompok untuk membahas mulai Dinamika proses berpikir menerima, menyimpan, dan mengingat; Dinamika proses berpikir mengolah dan menyampaikan; Profil keunggulan; Profil keterbatasan/ kendala; Rekomendasi.

Tindak lanjut dari kegiatan tersebut, IAI Tribakti Kediri akan menambah kepemilikan alat tes di Laboratorium dan Layanan Psikologi pada Pusat Pengembangan Penelitian dan Layanan Psikologi (P3LP) IAI Tribakti Kediri. Namun, untuk saat ini alat tes AJT CogTest masih dalam produksi terbatas, sehingga mengalami stok kosong. Terlebih dalam upaya memiliki alat tes tersebut, masih ada banyak rangkaian prosedur yang harus ditempuh oleh calon praktisi AJT CogTest.