Home Berita Tambah Wawasan Guru Tentang IT, PIAUD IAIT Kediri Gelar Workshop Gratis

Tambah Wawasan Guru Tentang IT, PIAUD IAIT Kediri Gelar Workshop Gratis

100
0
SHARE

PIAUD menyelenggarakan kegiatan workshop tentang pembuatan video pembelajaran PAUD secara online (18/8/2020). Agenda ini adalah kelanjutan acara webinar PIAUD IAIT Kediri tentang kurikulum PAUD yang salah satu komponennya adalah strategi pembelajaran dengan konsep pembelajaran PAKEM (Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan)

Kegiatan ini dilatarbelakangi oleh banyaknya permasalahan pendidikan di masa pandemi covid-19 yaitu peralihan proses pembelajaran dari sekolah menjadi di rumah. Peralihan cara pembelajaran ini memaksa berbagai pihak khususnya guru untuk lebih kreatif dan inovatif dalam memberikan pembelajaran. Berbagai kendala dan hambatan menjadi tantangan guru dalam mengajar. Guru harus bisa beradaptasi dan berdamai dengan kondisi yang ada dengan memanfaatkan teknologi sebagai media pembelajaran.

Workshop dengan judul “Pembuatan Video Pembelajaran PAUD” dengan pemateri dosen-dosen PIAUD diantaranya Briyantika Puji Lestari, M.Pd dan Fitta Nurisma Riswandi, M.Pd dengan moderator Nisa’el Amala, M.Pd dan Ana Falera, M.Pd. Acara ini berlangsung selama 4 hari yang diikuti 200 peserta terdiri dari guru, dosen, mahasiswa dan masyarakat umum lainnya. Workshop ini dilaksanakan secara online melalui grup Whatsapp yang terbagi menjadi 2 kelompok agar peserta dapat fokus belajar.

Nisa’el Amala selaku ketua pelaksana menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan bentuk pengabdian terhadap dunia pendidikan khususnya pendidikan anak usia dini agar anak-anak tetap mendapat pembelajaran yang menyenangkan meskipun secara daring. Tujuan pengabdian ini  mengajak guru untuk lebih kreatif dan inovatif dalam memanfaatkan teknologi. “Guru PAUD harus tetap berkarya dan mengembangkan kreativitasnya dalam mengajar meskipun pembelajarannya jarak jauh,” katanya.

Ketua pelaksana berharap kegiatan ini dalam prakteknya guru dapat mengembangkan strategi pembelajaran yang berbasis teknologi agar siswa dapat melaksanakan proses belajarnya di rumah dengan menyenangkan.