Home Berita Pembekalan KKN IAIT Kediri 2020; Upaya Penanganan Covid 19 Melalui KKN

Pembekalan KKN IAIT Kediri 2020; Upaya Penanganan Covid 19 Melalui KKN

153
0
SHARE

Pusat Penilitian dan Pengabdian Masyarakat (P3M) Institut Agama Islam Tribakti Kediri mengadakan pembekalan Kuliah Kerja Nyata Dari Rumah (KKN-DR).(Senin, 22 Juni 2020). Ada yang berbeda dalam bentuk kegiatan tahu ini, dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Hal ini sebagai bentuk peran Institut Agama Islam Tribakti (IAIT) Kediri melaksanakan amanah Tri Dharma Perguruan Tinggi dan Surat Edaran Nomor 697/03/2020 tentang Perubahan Surat Edaran Dirjen Pendidikan Islam Nomor 657/03/2020 tentang Upaya Pencegahan Penyebaran Covid-19 di Lingkungan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam. Kegiatan dilaksanakan secara virtual, menggunakan aplikasi ZOOM.

Kegiatan ini mengusung tema Percepatan penanganan penyebaran Covid-19 Sebagai Tanggung Jawab Sosial Perguruan Tinggi. Sesuai dengan tema tersebut, P3M menghadirkan Ketua Gugus Tugas Penanganan Penyebaran Sars Cov-2 (Covid-19) Kota Kediri, Abdullah Abu Bakar, S.E menyampaikan peran penting mahasiswa dalam pencegahan Covid-19. Beliau perpesan, mahasiswa harus mengambil peran mengubah pola pikir masyarakat untuk menerapkan pola hidup sehat sesuai dengan protokol kesehatan. Dengan peran itu, kehidupan masyarakat akan lebih baik ke depan.

Penyataan itu diperkuat oleh Rektor IAIT Kediri KH. Abdulloh Kafabihi Mahrus dalam sambutannya. Beliu mengamanahkan kepada seluruh peserta KKN-DR 2020 untuk terlibat dalam program-program yang berhubungan dengan penanganan penyebaran Covid-19. Contoh kegiatan yang bisa dilakukan adalah sosialisasi pola hidup sehat, ketahanan pangan dan lain sebagainya. Harapannya, mahasiswa KKN-DR 2020 akan berkontribusi secara real kepada masyarakat di tengah pandemi Covid-19.

Di penghujung acara, Wakil Rektor II IAIT Kediri, Dr. A. Jauhar Fuad, M.Pd menegaskan, sebanyak 332 peserta KKN yang tersebar di seluruh Indonesia akan dibebani pelaporan kegiatan-kegiatan tersebut. Pelaporan tersebut akan diminta panitia dalam bentuk karya tulis ilmiah yang akan diterbitkan pada jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM). “Hal ini penting, sebagai kontribusi akademik”, tutur A. Jauhar Fuad.

Kontributor: A. Khoirul Mustamir
Editor: Zaenal Arifin