Home Berita Peningkatan Kapasitas Melalui Pelatihan Penyusunan Naskah Artikel Jurnal Terakreditasi

Peningkatan Kapasitas Melalui Pelatihan Penyusunan Naskah Artikel Jurnal Terakreditasi

137
0
SHARE

Segenap civitas akademik Institut Agama Islam Tribakti (IAIT) kediri terus berupaya memajukan kemapuan dosen dalam bidang penulisan karya ilmiah. Pada 15 September 2019, Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (P3M) IAIT Kediri mengadakan “Pelatihan Penyusunan Naskah Jurnal Terakreditasi” di Gedung Aula Mahrus Aly. Acara dimulai sejak pukul 08.00 WIB sampai 16.30 WIB dengan melibatkan seluruh dosen dan karyawan tidak terkecuali dosesn-dosen yang baru diterima Tahun Ajaran 2019-2020.
Pelatihan ini dibuka langsung oleh KH. Kafabihi Mahrus selalu Rektor IAIT Tribakti Kediri. Sebelum membuka, beliau memberikan beberapa arahan untuk kemajuan IAIT Tribakti Kediri. Menurut Beliau, seluruh karyawan, seluruh dosen dan seluruh komponen civitas akademik IAIT Kediri mempunyai kewajiban untuk memajukan kampus diseluruh bidang akademik, terutama dalam bidang karya ilmiah. Untuk itu, semua harus berupaya dan berusaha mengembangkan kapasitas keilmuan terutama penulisan karya ilmiah.
Menurut Dr. Jauhar Fuad M.Pd selaku Wakil Rektor II, pelatihan ini didorong dua faktor besar. Pertama, dua dari depalan Jurnal yang ada di lingkungan IAI Tribakti Kediri sudah terakreditasi, dan kedua banyaknya dosen mendapatkan dana hibah penelitian dengan berbagai tema. “Kita sudah mempunyai modal yang cukup untuk mengembangkan keilmuan dengan keahlian menulis, karena jurnal Tribakti sudah terakreditasi dan banyak dosen mendapatkan dana hibah penelitian,” kata Fuad. Harapannya, pelatihan ini mampu memberi dorongan untuk dosen dan karyawan lebih banyak menulis karya ilmiah.
Acara pelatihan ini dibagi dua bahasan. Bahasan pertama tentang standar menusun naskah jurnah terakreditas yang dijampaikan oleh Zainal Arifin M.Pd.I, Ketua P3M IAIT Tribakti Kediri, dan bahasan kedua pengenalan dan pengoperaionalan aplikasi zotero oleh M. Arif Khoirudin S.Sos I, M.Pd.I, Wakil Dekan I Fakultas Dakwah IAIT Kediri. Dalam setiap pokok bahasan para narasumber menggunakan strategi konsultasi, dimana setiap peserta akan berinteraksi satu persatu mengenai permasalahan yang dihadapi.
Rencana Tindak Lanjut (RTL) pelatihan ini adalah P3M membuka layanan konsultasi kepada semua peserta dalam penyusunan naskah artikel terakreditas. Layanan konsultasi dibuka setiap hari keculi hari libur. Acara ini ditutup dengan do’a yang dipimpin oleh Dr. Jauhar Fuad M.Pd.I. Dalam sambutan penutupan, Beliau menyampaikan P3M akan banyak melaksanakan kegaiatan-kegiatan yang akan menunjang kemapuan karyawan dan dosen untuk mengembangkan karya tulis ilmiah.

Kontributor: Ahmad khoirul Mustamir