Home Perbankan Syariah Training of Trainers Seri Ekonomi dan Keuangan Syari’ah II di Universitas Jember

Training of Trainers Seri Ekonomi dan Keuangan Syari’ah II di Universitas Jember

102
0
SHARE

Sebagai salah satu Perguruan Tinggi Islam yang membuka program Studi Perbankan Syari’ah, maka beberapa dosen dari Institut Agama Islam Tribakti Kediri juga masuk dalam keanggotaan Ikatan Ahli Ekonomi Islam ( IAEI ) Indonesia.

Pada tangggal 24 – 25 April 2019, Ikatan Ahli Ekonomi Islam DPW Jawa Timur menyelenggarakan Training of Trainers Seri Ekonomi dan Keuangan Syari’ah II di Universitas Jember. Acara tersebut diselenggarakan oleh IAEI DPW Jawa Timur bekerja sama dengan Bank Indonesia, Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia ( ISEI ) Cabang Jember. Peserta ToT, adalah dosen – dosen bidang ekonomi Islam dari perguruan tinggi se- Jawa Timur.

ToT tersebut diadakan sebagai wujud dari program kegiatan IAEI dalam rangka pengembangan keilmuan, khususnya bidang Ekonomi dan Keuangan Syari’ah. Secara umum, lembaga keuangan dan perbankan syari’ah di Indonesia mengalami perkembangan yang signifikan terhadap perekonomian Indonesia, menurut salah satu pemateri tentang zakat dan wakaf; yaitu Prof.Dr. Raditya Sukmana. Dengan perkembangan tersebut, maka akan semakin membuka peluang bagi perkembangan ekonomi Islam di Indonesia. Dengan demikian akan diperlukan suatu pengaturan dan tata kelola wakaf dan zakat yang efektif. Sebagai praktisi pendidikan tinggi, peran dosen bidang Ekonomi Islam sangatlah dibutuhkan dalam pengembangannya; baik dalam penelitian, pendidikan serta pengabdian.

Dengan ToT  Seri Ekonomi dan Keuangan Syari’ah II, diharapkan akan menghasilkan pengembangan keilmuan Ekonomi Islam dari dosen – dosen bidang Ekonomi Islam dan Perbankan Syari’ah. Selanjutnya, hal tersebut akan dikembangkan oleh dosen melalui kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi.