Home Perbankan Syariah Diklat Enterpreneurship, menyiapkan wirausaha muslim, peluang membuka lapangan kerja bagi lulusan: Meta...

Diklat Enterpreneurship, menyiapkan wirausaha muslim, peluang membuka lapangan kerja bagi lulusan: Meta Progress Consulting bersama IAI Tribakti Kediri

336
0
SHARE

Tantangan masa depan lulusan Perguruan Tinggi sungguh luar biasa, digitalisasi dunia industi 4.0 membuat lapangan kerja semakin terbatas. Bekal bagi lulusan harus sejak dini diciptakan. Perguruan Tinggi yang mencetak Sumber Daya Manusia, dengan basic program studi yang ditekuni  memerlukan linieritas, keseriusan, dan kerja tangkas sehingga memerlukan waktu yang cukup panjang. Sementara kehidupan terus berjalan, dan upaya pemenuhan kebutuhan hidup menjadi kewajiban untuk mampu menjawab. Hal demikian perlu diimbangi dengan skill praktis yang berhubungan dengan hobby, potensi dan bakat masing-masing. Guna menjembatani lulusan untuk menghasilkan kompetensi skill dan memunculkan kreatifitas, IAI Tribakti mendapat kehormatan bekerjasama dengan Metaprogress Consulting, membekali mahasiswa dengan pelatihan enterpreneurship.

Bertepatan hari Ahad, 28 April 2019 mulai pukul 09.30 hingga pukul 17.00, bertempat di gedung Mahrus Ali kampus IAI Tribakti Kediri, telah terlaksana pelatihan enterpreneur bagi para mahasiswa diantaranya mahasiswa IAI Tribakti, STAI Hasanudin Pare, IAIN Kediri, IAIN Tulungagung dan beberapa praktisi wirausaha. Para peserta dibekali mengenai spiritualitas bisnis, pengetahuan dasar wirausaha, pemasaran hingga praktik membuat business plan oleh ibu Ratna Yuda, M.Ps, H. Ahmad Fauzi, Lc. M.H.I. dan Sri Eka Astutiningsih, S.E., M.M. Para peserta dituntut untuk memproyeksikan wirausaha yang akan dan mungkin bisa diterapkan.

Para peserta juga dibimbing oleh couching bisnis diantaranya H. Ahmad Fauzi, Lc. M.H.I. yang juga dosen IAI Tribakti, Binti Mutafarida, M.E.I, dosen IAIN Kediri, Dwi Andayani, M.Sy. (Dosen STAI Hasanudin Pare), Binti Nur Asiyah, M.Si. (dosen IAIN Tulungagung), Sri Eka Astutiningsih, S.E., M.M. (dosen IAIN Tulungagung) dan Sri Dwi Estiningrum (dosen IAIN Tulungagung) hingga matang dalam membuat business plan. Direncanakan, para peserta akan terus mendapatkan bimbingan sehingga business plan yang sudah berhasil dibuat akan berlanjut pada praktik nyata bisnis yang berjalan, sustainable dan memberikan hasil sesuai harapan.

Bisnis yang sustainable perlu membangun jaringan agar pasar bisnis berjalan sesuai dengan harapan konsumen. Komitmen lain dalam hasil pelatihan adalah terwujudnya jaringan kerjasama antara metaprogress consulting, dan sesama peserta agar bisnis berkesinambungan. Hasil kerjasama diharapkan meningkatkan perform financial dan nilai bisnis para peserta.