Home Ahwal Al-Syahsiyah Mahasiswa Prodi Ahwal Syakhsyiyah Observasi Ke Pengadilan Negeri Kediri

Mahasiswa Prodi Ahwal Syakhsyiyah Observasi Ke Pengadilan Negeri Kediri

105
0
SHARE

Mahasiswa Program Studi Ahwal Syakhshiyah IAI Tribakti Kediri pada hari selasa 26 Maret 2019 mengadakan kegiatan Observasi ke Pengadilan Negeri Kediri selama satu hari yang terletak di Jln Dr. Saharjo No. 20 Kediri. Peserta yang mengikuti kegiatan ini sejumlah 35mahasiswa yang terdiri dari semester 6,4 dan 2 dengan didampingi oleh Ka Prodi AS Abbas Sofwan, LL.M.

Kegiatan ini secara umum bertujuan untuk mengetahui secara kongkrit dilapangan tentang wawasan dan pengetahuan dalam bidang hukum umum, pidana dan perdata, sekaligus juga mengetahui proses berlangsungnya persidangan. Sebelum berdialog dengan mahasiswa Kepala Panitera Pengadilan Negeri Kediri Bapak Sukarman, SH bersama Panitera Muda Hukum Ibu Novita Ningtyastuti, SH berkenan memberikan penjelasan tentang Pengadilan Negeri Kediri, mulai dari sejarah berdirinya sejak zaman kolonial hingga saat ini, profil masing-masing bidang berikut juga dengan wewenang dan tugasnya sekaligus visi dan misi Peradilan Negeri Kediri.

Dalam sesi tanya-jawab para mahasiswa begitu antusias bertanya seputar kepaniteraan, teknis dan proses pengajuan perkara baik perdata dan pidana, juga wacana tentang perbedaan wewenang antara Pengadilan Negeri dengan Pengadilan Agama. Pengadilan Negeri Kediri merupakan salah satu lembaga badan hukum yang mempunyai fungsi untuk memeriksa, memutus dan menyelesaikan perkara pidana dan perdata di wilayah yang meliputi tiga kecamatan di kota Kediri, yaitu: Kec. Kota, Kec. Pesantren dan Kec. Mojoroto. Pengadilan Negeri Kediri selama ini telah memberikan layanan yang baik bagi masyarakat, baik dalam keputusan sidang, pengelolaan data perkara maupun informasi hukum. Untuk menjamin Slogan dan motto yang disosialisasikan kepada masyarakat adalah Pelayanan Prima, Putusan Berkualitas.

Pengadilan Negeri Kediri sendiri, termasuk pengadilan negeri pelopor yang telah lebih dahulu mendapatkan sertifikat akreditasi dengan predikat “A” (Excellent) sejak 19/06/2016. Sertifikat penjamin mutu ini merupakan bentuk standarisasi pelayanan terhadap masyarakat pencari keadilan dan pengguna jasa peradilan lainnya. Dengan adanya akreditasi ini diharapkan seluruh unit kerja peradilan terus mempertahankan dan meningkatkan kualitas pelayanan, kinerja, dan profesionalisme dengan menerapkan PTSP (Pelayanan Terpadu Satu Pintu).

Dalam rangka beradaptasi dengan perkembangan teknologi informasi yang pesat ini Pengadilan Negeri Kediri memiliki pelayanan mengenai publikasi informasi perkara bahwa Kepaniteraan telah menetapkan standar pelayanan informasi One Day Publish, One Day Court Service, dan One Day Minutering . “ Pengadilan Negeri Kediri akan mempublikasikan informasikan amar putusan pada hari yang sama dengan perkara tersebut diputus dan akan mengupload salinan putusan pada hari yang sama dengan putusan tersebut dikrim ke pengadilan pengaju dan SIPP sudah tersinkron ke Direktori Putusan”.

Setelah sarasehan bersama kepala Panitera tersebut, para mahasiswa berkesempatan menyaksikan jalannya persidangan di Ruang Sidang Pengadialan Negeri Kediri, banyak pengalaman dan ilmu baru yang didapatkan oleh mahasiswa pada kesempatan ini, karena mahasiswa yang mayoritas alumni pondok pesantren ini selama ini lebih banyak mengkaji tentang peradilan Islam, maka diharapkan dengan observasi ini para mahasiswa mendapatkan keilmuan yang lebih luas tentang Pengadilan Negeri di Indonesia.