Home Berita Peningkatkan Kemampuan Menulis Dosen IAI Tribakti Kediri

Peningkatkan Kemampuan Menulis Dosen IAI Tribakti Kediri

139
0
SHARE
Workshop Dosen di IAIN Kediri

Pada  tanggal 16 Maret 2019 dari IAI Tribakti mendelekagasikan Zaenal Arifin, M.Pd.I; Wahyu Utami, Ms.I, MPs.I; Mentari Marwa S.Kep, MA, Ahmad Masrukin, M.Pd.I; Drs. Miftahuddin, M.Pd.; Bety Maria Rahma, M.Ps.I. untuk mengikuti kegitan workshop melacak pustaka di IAIN Kediri. Mereka belajar tentang: (1) Cara Mencari Referensi kredibel secara on-line yang sangat banyak dan gampang (E-Resourses Perpusnas,  DOAJ,  Garuda,  Scopus,  Thomson Reuters,  Library Genesis,  dan Elsevier) (2) mengelola Referensi ketika menulis karya ilmiah dengan Mendeley dan Zotero; dan (3) mengetik transliterasi,  mensetting halaman yang nomornya berbeda-beda,  mengetik rumus statistika,   membuat daftar isi secara otomatis,  dan cara merapikan spasi.

Telaah pustaka adalah rangkuman tertulis dari artikel jurnal, buku, dan dokumen lain yang menggambarkan kondisi informasi di masa lalu dan saat ini tentang topik yang sedang diteliti. Dalam bentuk penelitian yang serius, para peneliti mendasarkan telaah ini terutama pada penelitian yang dilaporkan dalam artikel jurnal.

Namun, telaah yang baik mungkin juga berisi informasi lain yang diambil dari makalah, prosiding, konferensi, buku, dan dokumen pemerintah. Dalam menyusun telaah pustaka, anda dapat mengutip artikel yang bersifat kuantitatif dan studi kualitatir. Terlepas dari sumber informasi tersebu, semua peneliti melakukan telaah pustaka sebagai langkah awal dalam proses penelitian

Penelitian yang akan dilaksanakan seseorang haruslah berpangkal dari penelitian yang telah dilaksanakan orang lain. Oleh karena itu, melaksanakan telaah pustaka hasil penelitian terdahulu merupakan keharusan bagi peneliti. Peneliti menelaah hasil penelitian terdahulu untuk digunakan perbandingan dengan penelitian yang akan dilaksanakan, untuk dicontoh dan dikritisi. disamping itu melalui telaah pustaka ini peneliti dapat mendukung pernyataannya bahwa penelitiannya adalah penting untuk dilaksanakan.