Home Berita Penyusunan Kesepaktan Bersama Program Beasiswa Madin

Penyusunan Kesepaktan Bersama Program Beasiswa Madin

139
0
SHARE
Penyusunan Kesepaktan Bersama Program Beasiswa Madin

Jumat 22 Maret 2019 pemprov mengundang penyelenggara Pendidikan Tinggi dalam rangka menyusun kesepakatan bersama antara pemprov dengan perguruan tinggi penyelegara program beasiswa. Penyusunan didasarkan pada pp no. 28 tahun 2018. Kesepakatan bersama yang disusun mencakup 3 draf:
1. Kesepakatan antara gubernur dg kopertais
2. Kesepakatan antara gubernur dg ptkin
3. Kesepakatan antara gubernur dg pondok pesantren. Setelah ketiganya selesai, dilanjutkan dengan penyusunan Perjanjian kerjasama ditindak lanjuti rektor/ketua dengan sekda.

Tahun anggaran 2019 pemprov memberikan program beasiswa pada 34 perguruan tinggi dengan kualifikasi S1 guru madrasah diniyah; 12 program mahad aly di pondok pesantren, 17 perguruan tinggi kualifikasi S2 guru madrasah diniyah. IAI Tribakti Tahun ini menerima program kualifikasi S2 Guru madrasah diniyah. Program ini akan menerima 20 mahasiswa.

Dalam rapat penyusun kesepakatan bersama ada klausul yang mendapat perkhatian khusus. Berkenaan dengan penyususnan kesepakatan bersama antara pemprov dan Mahad Aly. Pertama dari aspek kelembagaan, legal formal mahad aly dan penggunaan nama. Sehingga diskusinya cukup panjang dan berlarut-larut. Dari pihak pemprov. Merencanakan melakukan pembhasan secara khusus terkait mahad aly. Ada beberapa penyataan dari Dr. Akbar Yunus Selaku sekretaris kopertais berkenaan legal formal sebuah intitusi penyelenggara pendidikan tinggi. Setidaknya memenuhi standar yang ditetapkan kemenristek dikti. Pada penggunaan nama ada tarik ulur antara penggunaan marhalah ula atau strata satu.

Pada permasalahan tersebut. Biro hukum akan melakukan pembahasan secara khusus dengan melihat aspek legal formalnya.