Home Berita Workshop Penyusunan AIPT Komisi Mutu PTKIS Kopertais IV Surabaya

Workshop Penyusunan AIPT Komisi Mutu PTKIS Kopertais IV Surabaya

323
0
SHARE

Komisi Mutu Kopertais Wilayah IV Surabaya menyelenggarakan Kegiatan Workshop AIPT pada tanggal 30 -31 Januari 2019 di GreenSA-Inn Surabaya. Peserta yang hadir sejumlah 179 perwakilan dari 104 Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Swasta (PTKIS) Jawa Timur, NTB, NTT dan Bali. Institut Agama Islam Tribakti Lirboyo Kediri mengirimkan 2 peserta yaitu M. Arif Khoiruddin, M.Pd.I dan Edi Nurhidin, M.Pd.I.

Workshop ini diselenggarakan dengan maksud mengenalkan borang Akreditasi Institusi Perguruan Tinggi (AIPT) format baru penyempurnaan dari 7 standar menjadi 9 Kriteria yang menyasar 24 Standar di dalam SN-Dikti. Harapannya PTKIS yang ada di Wilayah Kopertais IV Surabaya mampu menyusun dan mengisi borang AIPT dengan sebaik-baiknya sesuai dengan kondisi objektif PTKIS. Ujar Prof. Tabrani selaku ketua Komisi Mutu Kopertais Wilayah IV dalam sambutannya.

Prof. Masdar Hilmy, Ph.D., koordinator Kopertais IV dalam sambutannya menjelaskan persoalan akreditasi bukan hanya mengisi borang saja, tetapi harus ada perubahan mindset bagi pengelola PTKI dalam meningkatkan kualitas layanan akademik. Tidak hanya isi borang saja yang bagus tetapi pelaksanaan dilapangan juga harus bagus yang melibatkan seluruh komponen dari pucuk pimpinan sampai bawah. Inti dari akreditasi adalah kualitas layanan akademik, yang ideal adalah berbagai kegiatan yang diselenggarakan perguruan tinggi harus dicatat, terdokumentasi dan teradministrasi secara baik.

Persoalannya, banyak PTKIS melakukan kegiatan namun tidak pernah ditulis dengan baik sehingga ketika ditanya oleh Asesor bukti fisiknya, kalangkabut menjawabnya. Apapun kegiatan harus dicatat melalui proses yang akuntable, bertanggung jawab dan semua harus ada bukti fisiknya mulai kebijakan, penyusunan, implementasi, monitoring dan evaluasi tentunya juga harus ada fakta dilapangan.

Acara workshop menghadirkan narasumber diantaranya Prof. Dr. Tabroni asesor BAN-PT UMM dengan materi Sinergitas APS 9 Kriteria dan AIPT serta strategi dan solusi pengisian AIPT. Narasumber kedua Dr. Amir Maliki dari UINSA dengan materi pengisian Laporan Kinerja Perguruan Tinggi (LKPT) dalam AIPT. Narasumber ketiga Prof. Dr. Syamsul Hadi UIN Malang dengan materi Pengisian Laporan Evaluasi Diri (LED).