Home P3M Workshop Klinik Penyusunan Proposal Bertema Pendidikan

Workshop Klinik Penyusunan Proposal Bertema Pendidikan

305
0
SHARE
Workshop Klinik Penyusunan Proposal Bertema Pendidikan

Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (P3M) melaksanakan Workshop Klinik Penyusunan Proposal Penelitian bertema Pendidikan selama dua hari (2-3 Desember 2018) di Aula Mahrus Aly IAI Tribakti Kediri. Sasaran kegiatan ini adalah mahasiswa-mahasiswi semester VII dari Fakultas Tarbiyah. Dengan harapan, pasca kegiatan ini peserta mampu menyusun proposal skripsi dengan baik cepat.

Sejatinya, kegiatan ini sudah lama menjadi kegelisahan pengusus P3M dan jajaran civitas akademisi. Pasalnya, setiap tahun kreatifitas penelitian mahasiswa belum menunjukkan perkembangan yang diharapkan. Judul-Judul yang diajukan belum menunjukkan tingkat kebaharuan dalam penilitian. Di sisi lain, IAI Tribakti harus bersaing dengan perguruan-perguruan tinggi yang lain.
Menurut, Zaenal Arifin, M.Pd Ketua P3M, “Institut Agama Islam (IAI) Tribakti sedang bersaing dengan perguruan tinggi-perguruan tinggi swasta atau negeri di Idonesia. Untuk itu, sangat penting untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam kajian ilmiah termasuk penelitian. Salah satu ruh perguruan tinggi adalah penelitian.”

Kegiatan ini mengambil pemateri dari internal pegawai P3M. Materi paradigma penelitian disampaikan oleh Zaenal Arifin M.Pd (Ketua) dan klinik dipandu oleh Moch. Muhlison M. Pd.I. dan Ahmad Khoirl Mustamir, S.Pd.I, S. H. Selama kegiatan, semua peserta mengikuti dengan sangat serius. Hal ini sekali lagi membuktikan, mahasiswa sangat sadar kebutuhan kecakapan menyusun proposal penelitian.

Rencana tindak lanjut pelatihan ini adalah pendampingan peserta dalam penyusunan proposal penelitian. Harapannya, semua peserta menyelesaiakan penyusunan skripsi dengan kualitas bisa dikonvergensi ke jurnal perguruan tinggi IAI Tribakti Kediri. Di sisi lain, skripsi akan diseminarkan terbuka dihadapan.