Home KPI Sukseskan Musyawarah Daerah I Askopis Jawa Timur, Prodi KPI IAI Tribakti Kediri...

Sukseskan Musyawarah Daerah I Askopis Jawa Timur, Prodi KPI IAI Tribakti Kediri Delegasikan 3 Dosen

47
0
SHARE

IAIT KEDIRI. Program Studi Komunikasi dan Penyairan Islam, Fakultas Dakwah IAI Tribakti Kediri mendelegasikan 3 Dosen untuk menyukseskan Musyawarah Daerah yang pertama Asosiasi Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam (ASKOPIS) Jawa Timur di Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya, Senin (29/11). Di antara delegasi tersebut adalah Wakil Dekan I Fakultas
Dakwah, M. Arif Khoiruddin, M.Pd.I., Wakil Dekan III, Drs, Bustanul Arifin, M.Pd,I., dan Ketua Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam, Muhammad Diak Udin, M.Sos.

Musda yang diselenggarakan sehari ini, memiliki agenda utama memilih ketua umum yang akan memimpin Askopis wilayah Jawa Timur untuk 5 tahun ke depan. Hadir dalam acara tersebut, ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat Askopis Indonesia, Dr. Ahmad Zamroni, M.Si., Pada sambutannya, Zamroni mengharapkan bahwa DPD Askopis Jawa Timur dapat menjadi pioneer bagai Askopis Indonesia. Hal ini disebabkan, Jawa Timur memiliki tidak kurang dari 24 Perguruan Tinggi Keagamaan Islam baik Negeri maupun Swasta yang memilki program studi KPI.

Ketua umum yang terpilih pada Munas ke III Askopis di UIN Sunan Kalijaga tahun 2016 ini, juga tidak lupa melaporkan progres Asosiasi. Dia menjelaskan, dari total 48 Asosiasi Program Studi yang terdaftar di DIKTIS Kementerian Agama, ASKOPIS merupakan asosiasi prodi yang paling progresif. “Kata pak Direktur DIKTIS, Alhamdulillah Asosiasi Prodi kita adalah yang paling progresif di antara 48 Prodi yang terdaftar di DIKTIS Kemenag”, terangnya yang disamput tepuk tangan meriah seluruh peserta.

Bukti dari perkembangan yang sangat progresif itu, Askopis telah berhasil menyelenggarakan berbagai event Nasional yang melibatkan ratusan program studi KPI di seluruh Indonesia. Bahkan, Asosiasi yang merupakan metamorfosa dari Forum Komunikasi Penyiaran Islam (Forkopis) yang berdiri tahun 2008 ini, telah memiliki legalitas formal dan terdaftar di Kemenkumham RI.

Lebih jauh, Zamroni menjelaskan, Askopis memiliki cakupan gerak yang sangat besar, tidak seperti asosiasi-asosiasi lainnya yang hanya fokus pada satu bidang. “Design gerak ASKOPIS mencakup tiga hal, yang pertama adalah Asosiasi dalam bentuk keilmuan, profesi dan kelembagaan”, jelasnya. Dengan ketiga cakupan ini, Askopis memiliki tanggung jawab untuk mengembangkan Prodi KPI di seluruh Indonesia, baik dalam bidang keilmuan, profesi dan kelembagaan.

Sementara itu, hasil Musda secara aklamasi menetapkan Drs. Anis Bachtiar, M.FIl.I., dari UIN Sunan Ampel sebagai ketua. Dosen yang pernah menjabat sebagai dekan Fakultas Dakwah IAI Tribakti Kediri tahun 2007 – 2009, diberi kepercayaan untuk menjadi nahkoda pertama DPD Askopis Jawa Timur. (Dya).