Home Berita Yudisium dan Orasi Ilmiah IAI-Tribakti Lirboyo Kediri

Yudisium dan Orasi Ilmiah IAI-Tribakti Lirboyo Kediri

73
0
SHARE

Institut Agama Islam Tribakti Lirboyo Kediri menyelenggarakan acara Yudisium dan Orasi Ilmiah, Rabu 12 Oktober 2018 bertempat di Aula Muktamar Lirboyo Kediri.

Acara dihadiri pengurus yayasan dan seluruh pimpinan IAI-Tribakti, Orasi ilmiah disampaikan oleh Prof. Akh. Muzakki, M.Ag, Grade.Dip.SEA, M.Phil, Ph.D Dosen UIN Sunan Ampel Surabaya.

Tujuan diselenggarakan yudisium dimaksudkan untuk mengesahkan bahwa mahasiswa telah menyelesaikan semua persyaratan pada tingkat fakultas dan dinyatakan Lulus. Untuk selanjutnya akan dikukuhkan oleh Rektor pada acara wisuda pada tanggal 23 Oktober nanti.

Peserta Yudisium tahun ini diikuti sebanyak 388 peserta dengan rincian Fakultas Tarbiyah sebanyak 275 Peserta; Fakultas Syariah 46 Peserta; Fakultas Dakwah 16 Peserta dan Pascasarjana 51 Peserta.

Acara Yudisium diawali dengan tahlil bersama yang dipimpin oleh KH. Abdul Halim Mustofa, M. HI, kemudian dilanjutkan pembacaan SK Yudisium oleh masing-masing Dekan dan Direktur Pascasarjana. Setelah itu dilanjutkan sambutan atas nama Yayasan Tribakti oleh KH. An’im Falahudin Mahrus dan Sambutan Rektor KH. Abdulloh Kafabihi Mahrus.

Tema orasi ilmiah pada acara yudisium yaitu “Peran Perguruan Tinggi Islam dalam menangkal Paham Fundamentalis Radikal dan Sekuler-Liberal”. Prof. Akh. Muzakki berpesan kepada peserta yudisium, ketika berada di masyarakat agar mampu menyesuaikan diri dengan lingkungan, juga menekankan bagaimana mahasiswa menjadi pribadi yang autentik tanpa harus menjadi radikal dan tanpa harus menjadi liberal dan sekuler,” Ujar beliau saat menyampaikan orasi Ilmiah.