Home Berita Mahasiswa IAIT Kediri Melaksanakan Upacara Bendera dengan Mengenakan Sarung

Mahasiswa IAIT Kediri Melaksanakan Upacara Bendera dengan Mengenakan Sarung

279
0
SHARE

Hari kemerdekaan Indonesia yang ke 73 diperingati dengan melaksanakan upacara bendera. Upacara dilaksanakan pada jam 07.15 -08.05. Petugas upacara adalah mahasiswa baru IAIT Kediri sebanyak 380. Pembina upacara pada kesempatan itu Dr. A. Jauhar Fuad, M.Pd Wakil Rektor II.

Peserta upacara berpaikan tidak seperti biasanya pada upacara resmi. Mereka mengenakan sarung, berkopyak dan bersandal.

Upacara kemerdekaan sebagai wujud Nasionalisme dan cinta tanah air Indonesia. Sarung, kopya dan sandal sebagai identitas santri. Upacara ini menjadi wujud peneguhan bahwa santri cinta tanah Air Indonesia.

Pembina upacara menegaskan agar mahasiswa tetap tegung pada 4 pilar kebangsaan Pancasila, UUD 45, Binekatunggalika dan NKRI. Empat pilar ini sedang dirongrong oleh kelompok tertentu yang menghendakti perubahan sistem. Mereka menggap dirinya yang paling benar dalam berislam. Mereka menginginkan Indonesia menjadi khilafah islamiyah.

Mahasiswa dituntut untuk komintem menjaga warisan para pendiri bangsa yang terdiri dari para ulama. Mereka telah membuat kesepakatan bahwa Pancasila sebagai dasar negara. Konsensus tersebut dibuat untuk merangkul semua eleman yang ada di Indonesia. Baik dari segi agama, suku, budaya dan adat istiadat.

Pascasila menjadi perekat berbagai perpedaan yang ada. Dengan ini bangsa Indonesia dapat bersatu dalam perbedaan.