Home Berita Partisipasi Dosen Institut Agama Islam Tribakti Kediri dalam Annual Conference on Research...

Partisipasi Dosen Institut Agama Islam Tribakti Kediri dalam Annual Conference on Research Proposal (ACRP)

176
0
SHARE

Kementerian Agama untuk kali pertama kali menggelar Annual Conference on Research Proposal (ACRP). Event ini akan berlangsung di Bogor, 18 – 19 Juli 2018 kegiatan ini dibuka oleh Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin. ACRP merupakan salah satu program inisiatif Diktis untuk menguji kelayakan proposal penelitian para dosen Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI), negeri maupun swasta. ACRP juga menjadi ajang pertukaran informasi dan ilmu pengetahuan para dosen, khususnya di bidang riset dan publikasi ilmiah.

Pada forum ACRP juga akan dilakukan soft launching Agenda Riset Keagamaan Nasional (Arkan). Arkan diharapkan menjadi rujukan penelitian di lingkungan PTKI untuk durasi 10 tahun ke depan.

Dr. Suwendi Kepala Subdit Penelitian dan Pengabdian Masyarakat mengatakan bahwa pengusul proposal riset dan publikasi ilmiah tahun anggaran 2018 mencapai 1.967 judul. Proposal yang masuk itu diseleksi secara administrasi dan validitas data hingga terpilih 1.490 judul. Tahap selanjutnya adalah penilaian reviewer secara daring (online) untuk mendapatkan proposal yang dinilai layak untuk diundang dalam ACRP didapat 984 judul penelitian.

Terakhir, dari proposal yang terjaring melalui review secara daring ini diuji kembali oleh Tim Reviewer berdasarkan kevalidan, orisinalitas, integritas akademis, dan kontribusinya terhadap dunia PTKI dan kehidupan keagamaan serta keindonesiaan. Hasilnya,  direncanakan ada 881 proposal yang dibiaya dengan total anggaran 45,7 M. Jadi, anggaran yang tersedia mampu membiayai 59.52% dari total yang mendaftar.

Seluruh tahapan, mulai dari pendaftaran, seleksi berkas, penilaian tim review dilakukan dengan mekanisme daring melalui laman litapdimas.kemenag.go.id. Dengan mekanisme ini, setiap tahapan proses terekam dan akuntable. Seluruh dosen PTKIN dan PTKIS juga dapat mengakses seluruh informasi bantuan riset dan publikasi ilmiah melalui laman ini. Hingga saat ini,  ada 15.904  (55.34%) dosen PTKI yang telah memiliki account di litapdimas.kemenag.go.id.

Institut Agama Islam Tribakti Kediri mengajukan 10 judul penelitian dari jumlah itu 6 diantaranya lolos tahap seleksi di ACRP. Keterlibatan dalam forum ACRP dari Institut Agama Islam Tribakti Kediri Ada 6 orang. masing-masing terbagai dalam klaster yang berbeda, Dr. A. Jauhar Fuad, M.Pd. klaster Bantuan Penelitian Sosial Kritis Pada PTKI (BPSK); Mentari Marwa, S.Kep, M.A, Klaster  Bantuan Penelitian Peningkatan Kapasitas/Pembinaan PTKI (BPPKP); Ana Fadhilah, Lc. M.A, Klaster Bantuan Penelitian Peningkatan Kapasitas/Pembinaan PTKI (BPPKP); Wahyu Utami, S.Psi., M.Si Klaster Bantuan Short Course Metodologi Penelitian Islam Dan Sains (BSC-MPIS); Edi Nurhidin, M.Pd.I, Klaster Bantuan Short Course Metodologi Penelitian Agama Dan Budaya (Bsc-MPAB); dan satu berhalangan hadir Beti Malia Rahma Hidayati, M.Psi masuk klaster Klaster Bantuan Penelitian Peningkatan Kapasitas/Pembinaan PTKI (BPPKP).

Dosen Institut Agama Islam Tribakti Kediri  yang tergabung dalam laman litapdimas.kemenag.go.id. baru 11 orang dari 52 dosen ber NIDN. Jika diprosentasikan 20% masih sangat sedikit. Kedepan partispiasi dalam bidang penelitian dapat meningkat, setidaknya dapat mencapai 70% kepemilikan laman litapdimas.kemenag.go.id. dengan peningkatan itu menjadi indikasi ada peningkatan kapasitas dan kualitas dosen dibidang penelitian. Harapan besar di tahun depan itu bisa direalisasikan.

Pesan dari Dr. Suwendi, kita diminta untuk mempersiapkan proposal sebaik mungkin untuk diajukan pada tahun anggaran 2019. Mudah-mudahan dosen di Institut Agama Islam Tribakti Kediri dapat menangkap pesan itu dengan baik, dan dapat berpartisiapsi dalam Annual Conference on Research Proposal (ACRP) dengan jumlah dan kualitas yang lebih baik lagi.