Home Berita KKN 2018, IAI Tribakti Lirboyo Kediri Gunakan Pendekatan Riset

KKN 2018, IAI Tribakti Lirboyo Kediri Gunakan Pendekatan Riset

78
0
SHARE

Kediri. Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (P3M) Institut Agama Islam Tribakti (IAIT) Lirboyo Kediri menyelenggarakan pembukaan dan pembekalan Kuliah Kerja Nyata (KKN) tahun 2018 pada Ahad dan Senin (01-02/07). Rangaian acara pebekalan diawali dengan ceremony pembukaan yang dimulai pada Ahad (01/07) pukul 08.30 di auditorium Fakultas Tarbiyah.

Dalam sambutannya, Kepala P3M, Zainal Arifin, M.Pd.I., melaporkan KKN tahun 2018 yang diikuti oleh 366 peserta ini akan diselenggarakan mulai tanggal 09 Juli hingga 09 Agustus 2018 di Kecamatan Plosoklaten Kediri. “Bersama ini, saya laporkan bahwa Kuliah Kerja Nyata tahun 2018 diikuti oleh 366  peserta, dan dilaksanakan di Kecamatan Plosoklaten Kediri”.

Lebih lanjut, Zaenal menambahkan bahwa KKN tahun 2018 memiliki konsep yang berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Jika sejak tahun 2012 KKN IAIT Lirboyo Kediri konsisten menggunakan program Kuliah Kerja Nyata Berbasis Masjid, maka pada tahun ini P3M akan melakukan penguatan metodologi dengan mengimplementasikan KKN berbasis riset. Dalam hal ini, P3M menawarkan perdekatan Participatory Action Research, atau yang lebih sering dikenal dengan istilah PAR. “Kami menetapkan tema KKN tahun 2018 adalah berbasis Participatory Action Research”, jelasnya.

PAR adalah salah satu pendekatan yang dianggap tepat dan dapat mendongkrak potensi keberdayaan masyarakat. Orientasi utama metode ini adalah melibatkan seluruh potensi masyarakat untuk bangkit dan menyelesaikan takdirnya sendiri. Masyarakat adalah sumber kekuatan, di dalamnya terkumpul pengetahuan, sumber daya alam, sumberdaya manusia dan nilai-nilai kemanusiaan yang relatif murni dari kepentingan pasar. Jadi, PAR pada dasarnya adalah pengabdian yang menjadikan masyarakat bagian dari pengabdian itu sendiri. Dosen, mahasiswa dan masyarakat adalah sesama manusia yang belajar bersama, berproses bersama dan saling menguatkan.

Hadir dalam pembukaan tesebut, Wakil Rektor III, H. Ali Imron, S.Ag., S.Psi., M.Fil.I., Dekan Fakultas Tarbiyah Drs. Muslimin, M.Pd.I, Dekan Fakultas Dakwah, Drs. Bustomi Mustofa, M.Pd.I., Kepala Pusat Jaminan Mutu, Drs. Abdul Halim Mustofa, M.HI., beserta seluruh Dosen Pembimbing Lapangan. (Dya)