Home Psikologi Islam MUSCAB HIMPSI Kediri Raya

MUSCAB HIMPSI Kediri Raya

76
0
SHARE

Sebagai tindak lanjut dan puncak perwujudan komitmen Psikolog se-Karesidenan Kediri dalam upaya membentuk HIMPSI cabang Kediri untuk menghimpun anggota di daerah Kediri dan sekitarnya, pada tanggal 15 Mei 2018 telah diselenggarakan Musyawarah Cabang (MUSCAB) HIMPSI cabang Kediri di VIVA Hotel Kediri City, jalan Letjend S. Parman No 86 Pesantren, Tosaren, Kediri.

Acara diawali dengan seminar yang mengambil tema “Langkah Mengembangkan Kemapuan Interpersonal Anak” dengan pembicara Rudi Tri Prasetyo, M.Psi., Psikolog. Seminar berlangsung dengan baik. Audien terdiri dari psikolog, alumni psikologi, dan mahasiswa aktif di psikologi dari berbagai kampus di daerah Kediri dan sekitarnya. Turut berpartisipasi pula psikolog, dosen, dan mahasiswa dari Institut Agama Islam Tribakti (IAIT) Kediri.

Tepat pukul 10.30 WIB, pembukaan MUSCAB HIMPSI cabang Kediri dimulai. Rangkaian pembukaan dimulai dari penyambutan pengurus HIMPSI wilayah Jawa Timur beserta jajarannya, menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars HIMPSI, dan diakhiri dengan simbol pembukaan MUSCAB HIMPSI cabang Kediri oleh wakil rektor 1 IAIN Kediri.

MUSCAB HIMPSI cabang Kediri terasa sempurna dengan kehadiran ketua majlis HIMPSI wilayah Jawa Timur, Bapak Drs. Zainal Abidin, M. Si., Psikolog beserta anggota yang diwakili oleh Ibu Dra. Jennie Chriswatie, Psikolog. Ketua HIMPSI wilayah Jawa Timur, Bapak Ilham Nur Alfian, M.Psi., Psikolog beserta anggotanya.

Pada sambutan pembukaan, bapak Wakil Rektor 1 IAIN Kediri memberikan dukungan penuh atas terbentuknya kepengurusan HIMPSI cabang Kediri. Beliau juga menyampaikan kesiapan IAIN Kediri sebagai basis dari sekretariat HIMPSI cabang Kediri. Namun, ada usulan istilah yang beliau kemukaan langsung di depan majlis dan pengurus HIMPSI wilayah Jawa Timur dan seluruh peserta MUSCAB, yaitu penggantian istilah “se-Karesidenan Kediri” menjadi “Kediri Raya”. Hal tersebut langsung disepakati dan disetujui oleh semua yang berada di dalam forum tersebut. Bacaan basmallah dan ketuk palu 3x menjadi simbol dibukanya MUSCAB HIMPSI cabang Kediri dan ditutup dengan bacaan Hamdallah.

Tepat pukul 11.30 WIB sidang MUSCAB HIMPSI cabang Kediri dimulai. Ketua panitia membacakan TATIB MUSCAB/ Sidang Organisasi. Adapun agenda utama dalam sidang adalah memilih ketua HIMPSI cabang Kediri beserta usulan program. Peserta yang memiliki hak suara dalam MUSCAB ini adalah anggota HIMPSI yang terdaftar di SIK dan pengurus HIMPSI wilayah Jawa Timur. Perwakilan dari IAI Tribakti yang turut memberikan suara adalah Ibu Uswatun Hasanah, M. Psi dan Ibu Beti Malia Rahma Hidayati, M.Psi., Psikolog.

Adapun susunan agenda MUSCAB HIMPSI cabang Kediri yaitu pembukaan, pemilihan bakal calon, penyartaan kesediaan bakal calon, pemilihan ketua, dan diakhiri dengan sambutan ketua terpilih. Bapak Agus Purnomo, M.Psi., Psikolog dan bapak Hanis terpilih menjadi ketua dan sekretaris sidang. Ketua dan sekretaris terpilih memimpin berjalannya sidang dengan baik. Dalam pemilihan bakal calon, terpilih 5 orang, yaitu:

NO. NAMA JUMLAH SUARA
1. Imron Muzakky, M.Psi., Psikolog 20
2. Rudi Tri P, M.Psi., Psikolog 5
3. Inneke Yuliana, M.Psi., Psikolog 3
4. Tatik Imadatus S., M.Psi., Psikolog 2
5. Syafrudin Faisal T, M.Psi., Psikolog 1

Dari bakal calon yang terpilih hanya 1 yang memenuhi syarat dan bersedia dicalonkan menjadi ketua, yaitu bapak Imron. Namun, beliau juga memiliki syarat sebelum menyatakan kesediaannya, yaitu seluruh peserta bersedia bergabung, aktif, dan turut berpartisipasi dalam HIMPSI cabang Kediri Raya. Syarat tersebut langsung disetujui dan dijawab serentak oleh peserta sidang, dianjutkan dengan penandatanganan kesediaan menjadi calon ketua HIMPSI cabang Kediri Raya oleh bapak Imron.

Karena calon ketua hanya 1 orang, maka bapak Imron Muzakky, M.Psi., Psikolog terpilih menjadi ketua HIMPSI cabang Kediri Raya secara aklamasi. Dalam sambutan beliau, visi dan misi HIMPSI cabang Kediri Raya akan menyesuaikan dengan visi dan misi HIMPSI wilayah Jawa Timur yang akan disesuaikan dengan skala cabang dan melihat siklus daerah. Utamanya, sebagai organisasi yang baru berdiri akan berusaha meningkatkan konektifitas, menyelesaikan masalah-masalah psikologis di daerah, dan tentunya secara continew.

Setelah sambutan ketua terpilih, tidak luput juga ada sambutan dan pengarahan dari majlis dan ketua HIMPSI wilayah Jawa Timur. Ketua majlis HIMPSI wilayah Jawa Timur, bapak Zainal  mengingatkan bahwa kode etik psikologi harus di jaga dan diamalkan. Jangan sampai terlena, misalkan dengan bangga menjadi profesi psikologi akhirnya kurang dalam berhati-hati. Yang sering terjadi, dengan sengaja atau tidak profesi psikologi membawa alat tes atau hasil tes, baik hasil dari klien maupun praktikum kemana-mana. Mereka itu rahasia, maka harus ditaruh di tempat yang semestinya tanpa proses memindah-mindahkan atau membawa kemana-mana yang tidak perlu.

Ketua HIMPSI wilayah Jawa Timur, bapak Ilham memberikan banyak informasi tentang perkembangan organisasi profesi. Termasuk perkembangan sekarang, HIMPSI pusat sedang menyusun RUU profesi psikologi untuk mengatur dan melindungi profesional psikologi yang merupakan salah satu dari 12 tenaga kesehatan di Indonesia. HIMPSI pusat juga sedang menyusun perubahan AD/ ART HIMPSI yang termasuk didalamnya mengatur afisiliasi psikologi kaitannya dengan kementerian dan lembaga lainnya. Misalnya, psikologi klinis dengan kementerian kesehatan, PIO dengan kementerian ketenagakerjaan, psikologi pendidikan dengan kementerian pendidikan dan kebudayaan.

Tidak lupa bapak Ilham juga mengingatkan untuk susunan pengurus segera di bentuk dan maksimal 1 bulan kedepan SK kepengurusan HIMPSI cabang Kediri Raya harus sudah disahkan. Bertindak cepat, dalam acara MUSCAB kemarin langsung dilakukan musyawaroh tentang susunan kepengurusan dengan dipimpin langsung oleh ketua HIMPSI cabang Kediri Raya.

Susunan Pengurus
HIMPSI Cabang Kediri Raya
Periode 2018 – 2023

Penasehat : Dra. Jennie Chriswatie, Psikolog
Ketua : Imron Muzakki, M. Psi., Psikolog
Wakil Ketua : Rudi Tri Prasetyo, M. Psi., Psikolog
Sekretaris : Inneke Yuliana, M. Psi., Psikolog
Bendahara : Tatik Imadatus S., M. Psi., Psikolog

 

Koordinator Bidang
Bidang I Data dan Layanan Anggota Novi Wahyu, M. Si., Psikolog (IAIN Kediri)
Bidang II
Pendidikan Berkelanjutan dan Pelatihan Psikologi
Agus Purnomo, M. Psi., Psikolog (IAIN Kediri)
Bidang III
Sertifikasi dan Izin Psikologi
Ayu Imasria, M. Psi., Psikolog (IAIN Tulungagung)
Bidang IV
Pemantauan dan Evaluasi Pelayanan Jasa dan Praktek Psikologi
Kristika, M. Si., Psikolog (RSUD Gambiran)
Bidang V
Pengabdian Masyarakat dan Tanggung Jawab Sosial
Beti Malia Rahma Hidayati, M. Psi., Psikolog (IAIT Kediri)
Bidang VI
Humasy dan Promosi Psikologi
Nuril Bariroh, M. Psi., Psikolog
(Nganjuk)