Home PGMI Forum Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Kopertais IV Surabaya

Forum Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Kopertais IV Surabaya

79
0
SHARE

Perkumpulan dalam Forum Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah dengan istilah Forum PGMI (FORMI) dilaksanakan di Unsuri pada tanggal 20-21 April 2018. Forum ini dihadiri oleh Kaprodi dan Sekprodi PGMI seluruh kampus dibawah naungan Kopertais Wilayah IV Surabaya.

Institut Agama Islam Tribakti Kediri juga ikut berpartisipasi dalam Forum ini yang diwakili Drs. Mifathuddin, M.Pd.I Kaprodi PGMI dan Marita Lailia Rahman Sekprodi PGMI. Workshop tentang Revolusi Industri 4.0 dan Inovasi Pembelajaran serta KKNI juga dibahas dalam forum ini. Menurut yang diberitakan, pada tahun 2020 pemberlakuan revolusi industri 4.0 atau yang bisa disebut dengan revolusi dunia keempat akan mulai diberlakukan di Negara ASEAN. Perkembangan teknologi dan era digitalisasi tersebut juga akan diterapkan dalam segala bidang termasuk pendidikan.

Lembaga Perguruan Tinggi juga harus mulai mempersiapkan diri untuk menyongsong hal tersebut. Hal itu dapat dimulai dari inovasi kurikulum, inovasi pembelajaran, pengadaan sarana dan prasarana yang menunjang mahasiswa dalam era digitalisasi tersebut. Para dosen juga harus mempersiapkan diri dengan inovasi pembelajaran dengan penggunaan kemajuan teknologi internet di masa sekarang. Penggunaan metode dan media pembelajaran berbasis digital mulai harus dipersiapkan dari sekarang.

Dalam forum PGMI tersebut juga disampaikan bahwa pemberlakuan KKNI di wilayah Perguruan Tinggi harus segera dilaksanakan dan diterapkan sebelum tahun 2020 untuk mencapai tantangan dalam dunia pendidikan di masa mendatang. Lembaga Perguruan Tinggi harus memiliki visi dan misi yang jelas, bahwa akan dicetak  seperti apa mahasiswanya di masa mendatang. Mahasiswa yang siap dan mampu bersaing dalam tantangan globalisasi di masa yang akan datang.