Home Ahwal Al-Syahsiyah Kunjungan Ilmiah Dan Praktek Ru’yatul Hilal

Kunjungan Ilmiah Dan Praktek Ru’yatul Hilal

79
0
SHARE

Sebuah agenda yang bersifat Wisata Religi berupa praktek Intesif Falakiyah Ru’yatul Hilal dan Kunjungan Ilmiah (KUIL). Sebagai upaya peningkatan mutu Intelektual Mahasiswa, khususnya mahasiswa Fakultas Syari’ah.

Falakiyah telah merentas ruang dan waktu sampai Nusantara seiring dengan penyebaran Islam. sasaran dari kunjungan Ilmiah dan praktek Intensif falakiyah Ru’yatul Hilal ini, yaitu mahasiswa fakultas sya’riah jurusan Akhwalul Syaksiah.

Kunjungan pertama selasa, 17 April 2018 pukul 08.00 yaitu Wisata Religi ziaroh kepada Masyaikh Lirboyo. Setelah itu langsung ke daerah Ngampel Kediri ziaroh kepada Rektor IAIT Kediri yang ke 2 (K.H. Imam Yahya Mahrus). Dilanjutkan ziaroh kepada sunan Dradjat Lamongan, diakhiri dengan photo bersama.

Kunjungan kedua, dilanjutkan menuju Wisata Bahari Lamongan (WBL). Sebelum memulai praktek Intensif Falakiyah Ru’yatul Hilal para peserta disuguhkan berbagai wahana yang sangat menakjubkan. Ketika waktu mulai memasuki pukul 17.28 matahari mulai terbenam oleh langit senja. Saat itulah yang dinanti-nanti untuk melakukan praktek Intensif Ru’yatul Hilal.

Pada kesempatan itu, ketika melaksanakan praktek intensif Ru’yatul Hilal Fakultas Syari’ah IAIT Kediri bergabung dengan Pondok Pesantren MMH Darul Huda Mayak Ponorogo. Pada saat itu, keadaan sekitar Pantai Tanjung Kodok yang biasa digunakan untuk melakukan praktek Intensif Falakiyah Ru’yatul Hilal sangatlah ramai.

Alhamdulillah Ru’yatul Hilal pada tanggal 1 Sya’ban 1439 tepatnya pada tanggal 17 April 2018 Hilal sempat terlihat disekitar langit yang biru. Namun, tidak lama kemudian awan mendung mulai menutupi jarak pandang untuk melihat hilal. Sehingga praktek intensif Falakiyah Ru’yatul Hilal disudahi sebab hari sudah menjelang malam.

Selanjutnya, semua peserta bergegas pulang. Ziaroh menuju Tambak Beras Jombang ke makam pendiri NU. Sebagai Pamungkas dari kunjungan Ilmiah dan Praktek Intensif Falakiyah Ru’yatul Hilal para peserta Ziaroh ke makam Guru Bangsa KH. Abdurrahman Wahid. Para peserta sampai dikampus pada pukul 03.00 WIB.

Sumber: http://coronglp2m.iai-tribakti.ac.id