Home Ahwal Al-Syahsiyah Ngaji HAM Dan Hukum Islam Untuk Mengukur Isu-isu Agama

Ngaji HAM Dan Hukum Islam Untuk Mengukur Isu-isu Agama

402
0
SHARE

Kegiatan mahasiswa di kampus Tribakti seperti tidak ada habisnya. Setelah hari sabtu BEM-I dan panitia opak sukses lomba futsal dan  pentas seni. Sekarang, pengurus BEM-FS juga sukses menggelar seminar prodi akhwal syakhsiyah.

Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Syari’ah BEM-FS IAIT Kediri setelah sukses pada semester ganjil melaksanakan seminar untuk prodi  perbankan syari’ah. Kali ini pun BEM-FS sukses menggelar seminar untuk prodi Akhwal syakhsiyah. Minggu 18/03/18. di Aula KH. Mahrus Aly.

“Ngaji HAM Dan Hukum Islam Untuk Mengukur Isu-isu Agama”, adalah tema yang diusung panitia dalam seminar hari ini. Ketua pelaksana seminar, Muhammad Nizar, menuturkan sedikit alasan mengenai tema yang diangkat. “Karena kita sering sekali menyalahgunakan arti HAM atau salah menempatkan HAM bukan pada konteksnya. Oleh karena itu, diadakannya seminar HAM dan Hukum islam guna memperbaiki dan mendapatkan pemahaman yang seutuhnya”. Tuturnya.

Panitia mendatangkan dua pemateri sekaligus untuk mencapai tujuannya. Yang pertama, Bapak Ahmad Khoirul Mustamir, S.Pd.I, S.H. (ketua LBH Ansor kota Kediri dan penggerak Gusdurian Surabaya), yang kedua. Bapak Muhammad Khudlori, M.Th.I, (pimpinan redaksi majalah “buletin al-fitroh” Surabaya).

Pemateri pertama, mempresentasikan mengenai Deklarasi Universal Hak Asasi manusia (DUHAM), HAK Sipil Dan Politik (SIPOL), HAK Ekonomi, Sosial Dan Budaya (EKOSOSBUD) juga tentang pembahasan HAM.

Pemateri kedua, mempresentasikan mengenai Hukum Islam atau HAM perspektif Islam dengan maqosid as-syariah juga berbagai pandangan jumhur ulama mengenai kesetaraan. Peserta seminar memenuhi kursi yang yang telah disediakan panitia di Aula KH. Mahrus Aly.

Menurut sebagian peserta “seminar tentang HAM dan Hukum Islam ini kurang menekan di pembahasan HAM. Akan tetapi, pemateri lebih banyak berputar dalam pembahasan maqosid as-syariah dalam Islam saja”. Ungkapnya. Selanjutnya, seminar ditutup dengan sesi tanya jawab dan penyerahan sertifikat.

Sumber: lp2m.iai-tribakti.ac.id

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here