Suasana Ujian Mahasiswa baru Gel. I 2016

0
997

Institut Agama Islam Tribakti (IAIT) Kediri, hari ini senin 25 Juli 2016 menyelenggarakan ujian gelombang I penerimaan mahasiswa baru tahun akademik 2016/2017 dengan materi ujian tulis dan wawancara.

Materi ujian tulis yang berisi tentang wawasan keagamaan dan umum digunakan untuk mengukur sejauhmana tingkat kemampuan dasar mahasiswa yang akan mengikuti perkuliahan di IAIT Kediri. Sedangkan ujian wawancara dilakukan untuk melihat sejauhmana mahasiwa yang bersangkutan berkomitmen untuk kuliah dan bulat dalam memilih program studi yang ada di IAIT Kediri.

Dengan memadukan hasil ujian tes tertulis dan wawancara, akan memudahkan tim seleksi dalam menentukan apakah mahasiswa tersebut lulus dalam program studi yang dipilihnya atau mungkin mendapatkan saran untuk mengikuti program studi lain yang dianggap cocok untuk mereka sesuai dengan latar belakang pendidikan sebelumnya. Ujar A. Jauhar Fuad selaku Ketua Panitia.

Pelaksanaan ujian kali ini ada yang sedikit berbeda, ujian tulis yang biasanya dikerjakan secara manual menggunakan kertas, tahun ini dikerjakan dengan menggunakan komputer untuk lembar soal dan jawabannya. Terobosan ini dilakukan dengan berbagai pertimbangan diantaranya bisa mempercepat proses pengerjaan soal, koreksi jawaban lebih mudah, tidak perlu mencetak soal dan menghemat kertas. Tetapi pada dasarnya agar lebih mudah dan praktis bagi mahasiswa maupun panitia seleksi, sebagaimana diungkapkan salah satu panitia pelaksana. Hal yang berbeda pula pada sesi wawancara, ada tambahan tes membaca Al-Qur’an bagi mahasiswa baru yang tahun sebelumnya tidak ada.

Comments are closed.